pengembangan multimedia Pembelajaran Interaktif

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman konseptual dan pengalaman praktis tentang pengembangan multimedia pembelajaran interaktif. Sesuai dengan definisi Teknologi Pendidikan sebagai teori dan praktik, mata kuliah ini bukan saja menyajikan pembelajaran yang berbasis koseptual tetapi juga meminta mahasiswa melakukan praktik pengembangan hingga akhirnya mahasiswa mampu menghasilkan sebuah produk program multimedia pembelajaran yang interaktif.

Berdasarkan tujuan tersebut, mata kuliah ini menyajikan  teori-teori konseptual tentang: 1) multimedia pembelajaran interaktif, 2)  prinsip-prinsip yang melandasi pengembangan multimedia pembelajaran interaktif, 3) jenis-jenis multimedia pembelajaran interaktif, 4) metode pengembangan multimedia pembelajaran interaktif, 5) prosedur pengembangan multimedia pembelajaran interaktif, dan 6) multimedia authoring tools.

Pengalaman praktis dalam mengembangkan program multimedia pembelajaran interaktif diperoleh melalui eksplorasi multimedia authoring tools menggunakan software Articulate storyline. Keseluruhan teori maupun konsep diberikan di awal perkuliahan untuk membekali mahasiswa terkait dengan pengembangan multimedia pembelajaran interaktif. Praktik pengembangan produk multimedia pembelajaran interaktif dilakukan sebagai output mata kuliah sekaligus sebagai bukti penerapan konsep-konsep yang telah dipelajari mahasiswa.