Metopen Kuantitatif IKM

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang disajikan pada semester genap dengan beban 3 SKS yang membahas tentang konsep dasar penelitian kuantitatif; variabel penelitian dan skala data; variabel pengganggu dan pengendaliannya; hipotesis dan rumusan masalah; populasi dan sampel penelitian; alat ukur dan syarat alat ukur (validitas dan reliabelitas); desain penelitian kuantitatif meliputi crossectional, kasus kontrol, kohort, dan eksperimen; instrumen dan teknik pengambilan data kuantitatif; analisis data penelitian kuantitatif; teknik penyajian data kuantitatif.

Metode yang dilakukan dalam mata kuliah ini adalah dengan cooperative learning, pembuatan tayangan slide powerpoint untuk memudahkan mahasiswa dalam memahami materi yang disajikan, pemberian tugas secara mandiri, penyediaan bahan kuliah dalam bentuk slide powerpoint, dan browsing di internet untuk memperkaya bahan kajian terkait materi perkuliahan. Penilaian berbasis kompetensi mencakup : partisipasi aktif, Tugas Individu yaitu berupa paper terkait topik permasalahan yang diangkat, Ujian Tengah Semester, dan Ujian Akhir Semester.

Mata kuliah ini diampu oleh empat dosen dan dibagi menjadi dua tim. Tim pertama mengajar kelas A-D. Tim pertama adalah Trisno Agung Wibowo, S.KM.,M.Kes dan Desi Nurfita, S.KM.,M.Kes (Epid). Tim kedua adalah Sugiarto, S.KM., M.PH dan Fatma Nuraisyah, S.KM., MPH