Mata kuliah Komunikasi Bisnis Perancangan dan Pengembangan Produk bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam memahami komunikasi bisnis secara teoritis maupun praktis dalam rangka mempersiapkan diri pada saat terjun ke dunia bisnis kuliner. Pencapaian tujuan dalam mata kuliah Komunikasi Bisnis ini melalui beberapa pencapaian kompetensi-kompetensi sebagai berikut: (1) Mampu melakukan komunikasi secara interpersonal dalam dunia bisnis kuliner, (2) Mampu menerapkan komunikasi efektif dalam bisnis kuliner, (3) Mampu melakukan negosiasi bisnis, (4) Mampu menyusun strategi komunikasi bisnis, (5) Mampu memahami dan menerapkan etika komunikasi yang baik dan benar, dan (6) Mampu menganalisis tren bisnis kuliner dan bisnis kreatif. Dalam pelaksanaan kuliah, mahasiswa terlibat aktif dalam kegiatan praktik melalui model praktikum. Evaluasi pencapaian kompetensi mahasiswa akan dilakukan dengan beberapa cara dan bentuk asesmen baik yang bersifat tes maupun non-tes, misalnya tes tertulis dalam berbagai bentuk (essay atau objektif), penilaian melalui pengamatan, laporan, tugas kelompok, dan tugas individu.