Pembelajaran Daring (Afit Istiandaru)

Mata kuliah ini mengkaji hakikat pembelajaran matematika secara daring, seperti situasi yang melatarbelakanginya, pengertian, prinsip-prinsip, strategi pelaksanaan, serta keunggulan dan tantangannya. Selain itu, mata kuliah ini juga memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk bereksplorasi dengan berbagai fitur platform pembelajaran daring, merancang pembelajarannya, mengembangkan perangkat dan kontennya, serta mempraktikkan pengajarannya dalam setting peer teaching. Dalam perkuliahan ini, mahasiswa diminta untuk mendokumentasikan praktik-praktik pembelajaran matematika daring yang pernah atau masih dilakukan selama dan pasca pandemi Covid-19 (case method) serta memikirkan strategi dan platform yang tepat. Selanjutnya, mahasiswa diminta untuk mengembangkan perangkat dan konten pembelajaran matematika daring (project-based learning), mempraktikan pengajaran dan evaluasinya, serta merekomendasikan penerapannya untuk pembelajaran matematika di sekolah menengah, tidak hanya untuk pembelajaran jarak jauh melainkan juga untuk mendukung pembelajaran tatap muka.