Mata kuliah perkembangan peserta didik adalah mata kuliah dasar yang harus dikuasai mahasiswa sebagai landasan untuk membekali mahasiswa tentang memahami karakteristik peserta didik, merancang pembelajaran dan asesmen yang berpihak pada peserta didik, dan menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi peserta didik. Materi yang dipelajari adalah: (1) teori belajar, teori perkembangan, latar belakang peserta didik, perkembangan peserta didik, dan kesiapan peserta didik. (2) Ragam Strategi dalam pembelajaran dan rencana pembelajaran yang berpihak pada peserta didik; (3) Asessment yang mempertimbangkan dan memanfaatkan pengetahuan tentang peserta didik; dan (4) lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi peserta didik. Metode proses pembelajaran dilakukan melalui kegiatan diskusi, tanya jawab, analisis film, games, ekspositori, demonstrasi, peer teaching, secara mandiri dan kelompok. Penilaian dalam mata kuliah ini meliputi tugas mandiri, penyusunan laporan observasi, serta evaluasi tengah dan akhir semester. Penilaian sikap dilihat melalui pelaksanaan norma dan etika akademik seperti kejujuran, orisinalitas, kemampuan kerjasama, dan tanggung jawab.